Tips Menghadapi Try Out

go explore(12)

Assalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh..

Pada kesempatan kali ini, kami akan berbagi informasi mengenai tips saat menghadapi Try Out. Sebelum itu, mari kita kenali dahulu apa itu Try Out.

Setiap menjelang Ujian Nasional (UN) dan menjelang SBMPTN, para siswa biasanya disibukkan dengan hal persiapan try out, baik di sekolah atau tempat bimbingan belajar. Dimana try out ini merupakan bagian dari pembiasaan dan latihan para siswa sebelum menghadapi ujian yang sesungguhnya.

Mengapa harus ikut Try Out?

Bagi sebagian siswa, mengikuti try out itu tidak begitu penting dan sebagian siswa lainnya malah menganggap try out itu penting karena mereka bisa mengetes kemampuan diri mereka dan untuk mengetahui apakah nilai yang mereka capai sesuai harapan atau tidak. Seperti dikatakan diawal, bahwa try out merupakan pembiasaan dan latihan guna mempersiapkan ujian yang sesungguhnya yakni UN atau SBMPTN. Sehingga kalian dapat mengukur sejauh mana kemampuan kalian dalam memahami materi yang telah diajarkan di sekolah maupun di bimbel. Hasilnya dapat bervariatif sesuai dengan kemampuan yang dimiliki. Bagi kalian yang mendapatkan nilai tinggi kalian patutlah bersyukur akan hal itu karena itu menunjukkan bahwa kalian sudah memahami segala materi yang telah diajarkan dan siap jika nanti menghadapi ujian yang sesungguhnya. Tetapi jangan terlalu berpuas diri, walau begitu, mendapat hasil yang memuaskan bukan berarti kalian tidak perlu lagi belajar, namun justru belajar dan berlatih secara continue akan menjadikan kalian semakin mantap dan konsisten dalam mendapatkan hasil yang memuaskan. Dan bagi kalian yang masih belum mendapatkan nilai tinggi, kalian tidak perlu berkecil hati, karena try out ini masih sebagai latihan kalian. Mendapat nilai yang rendah dapat menjadikan kalian lebih berpacu lagi dalam belajar dan berlatih serta memperbaiki segala kekurangan yang ada. Semangat yaa!

Tips Menghadapi Try Out:

1. Siapkan Mental dan Fisik

Menyiapkan mental dan fisik itu penting loh. Ketika try out berlangsung, kita tidak hanya diuji oleh berbagai macam soal tetapi mental dan fisik kita pun diuji saat itu juga. Menjawab soal – soal try out dibutuhkan mental dan fisik yang siap. Artinya kita harus mempersiapkan segala sesuatunya, walaupun try out bukan ujian sungguhan tetapi biasanya kondisi teknis try out itu seperti ujian sungguhan. Kenapa mental dan fisik kita harus siap ? Karena kita dituntut untuk berpikir cepat dan tepat. Kondisi saat try out mengharuskan kita berpikir kritis, membaca soal dengan cepat dan memilih jawaban dengan tepat. Hal tersebut sangatlah menguras pikiran dan tenaga. Maka, usahakan kondisi mental kalian sedang relaks dan fisik pun dalam keadaan yang sehat. Apabila dua kondisi tersebut sedang bermasalah, sebaiknya kalian menunda untuk mengikuti try out, karena sudah pasti kalian tidak akan berkonsentrasi secara maksimal dan alhasil nilai kalian malah jelek. Jadi pastikan mental dan fisik kalian benar – benar dalam keadaan yang baik ya sahabat. Untuk itu jagalah selalu kesehatan fisik, hindari makan makanan yang kurang sehat. Apabila kalian termasuk orang yang gampang sakit, maka kalian perlu menjaga kondisi tubuh kalian secara ekstra dan bila perlu asupan vitamin dan makanan bergizi harus selalu terpenuhi. Ketika hari ujian tiba, jangan sampai kalian melewatkan sarapan karena itu sangat berpengaruh terhadap konsentrasi kalian saat mengerjaan soal.

2. Strategi Manajemen Waktu

Manajemen waktu sangat berpengaruh pada saat mengisi soal. Durasi waktu pada saat try out biasanya sama seperti ujian yang sesungguhnya, maka dari itu kita harus bisa menggunakan waktu sebaik mungkin agar tidak merugi nantinya. Bagi kalian yang baru pertama kali menghadapi try out, manajemen waktu ini masih dirasa sulit, karena kalian akan merasa keteteran dalam mengisi soal jika kalian tidak atur waktunya dengan sebaik mungkin. Waktu sudah berjalan beberapa menit, tetapi masih sedikit mengerjakan soal, atau ketika waktu akan habis, ternyata soal pun masih banyak yang belum terisi. Tipsnya adalah, berlatihlah sesering mungkin. Berlatih membaca serta mencerna soal dengan cepat dan tentunya jawaban harus tepat sasaran. Dengan begitu kalian akan terbiasa saat menghadapi ujian, dan kalian akan menyelesaikan soal-soal itu dengan tepat waktu. Tetapi tidak sedikit juga diantara kalian yang memang sudah terbiasa dalam membaca cepat dan mengerjakan soal secara singkat. Tapi walau begitu, kalian harus tetap teliti ya.. Jika kalian menyisakan waktu pada saat ujian, usahakan periksa kembali jawaban yang telah kalian isi, karena bisa jadi ada soal yang belum terjawab atau ternyata kalian salah memilih jawaban. Hmm.. Jangan sampai terjadi ya!

3. Pelajari Kisi – kisi

Sebelum kalian menghadapi try out, para guru biasanya memberikan evaluasi berupa latihan soal dari materi yang telah diajarkan atau biasanya disebut kisi – kisi. Hal ini sangat berguna bagi kalian dan tentunya memudahkan kalian dalam belajar serta berlatih sebelum try out tiba. Pelajari kembali kisi – kisi tersebut, apabila ada yang belum dipahami sesegera mungkin kalian bertanya dan berkonsultasi terkait materi atau soal yang kalian anggap sulit. Dengan begitu, Inshaa Allah kalian akan mudah dalam menghadapi try out.

4. Percaya dan Yakin

Setelah kalian melakukan 3 hal diatas, hal terakhir adalah percaya dan yakin. Ketika kalian sudah berusaha secara maksimal dan berdo’a kepada Allah tentunya, maka percayalah dan yakinlah bahwa kalian bisa menghadapi segala rintangan yang ada. Jangan khawatir! Hasil tidak akan menyalahi proses kok. Fokus dan bersemangatlah! πŸ™‚

Itu tadi beberapa tips dalam menghadapi Try Out versi Bimbel Durrotut Tarbiyah, bagi kalian siswa kelas 6 SD, 9 SMP, dan 12 SMA tidak terasa sebentar lagi kalian akan menghadapi Ujian Nasional. Persiapkan segala sesuatunya dari sekarang yaa… Dan pastinya kalian akan selalu menghadapi try out. Jangan lupa untuk mencoba beberapa tips diatas πŸ™‚

Salam sukses!

Wassalamu’alaykum warahmatullahi wabarakatuh…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *