Menyambut Semester Baru

List(2)

Assalamu’alaykum Warrahmatullahi Wabarakaatuh…

Sahabat, tidak terasa masa liburan akan segera usai dan bersiap untuk kembali ke sekolah. Pada hari Rabu, 2 Januari 2019 mendatang sebagian sekolah akan memulai kembali pembelajaran pada semester baru yaitu semester genap. Tidak hanya para guru yang harus sudah siap dalam menyambut kembali siswa/i, tetapi orang tua dan juga para siswa pun harus sudah siap dalam menyambut semester yang baru.

Semester baru tentunya dengan semangat yang baru dong. Terkadang para siswa masih enggan untuk berdamai dengan masa lalu, artinya siswa masih belum bisa meninggalkan kenangan selama liburan dan terasa berat untuk melangkah menuju ke sekolah. Eitss.. jangan seperti itu ya sahabat! Orang tua sudah susah payah menyekolahkan kita, tetapi kita malah bermalas – malasan.

Nah.. Apa saja sih yang harus dilakukan dalam menyambut semester baru ? Yuk disimak!

1. Menyiapkan Perlengkapan Sekolah

List(3)

Biasanya para siswa dan orang tua disibukkan untuk menyiapkan perbekalan untuk masuk sekolah. Seperti membeli buku baru atau perlengkapan sekolah lainnya. Nah, momen ini juga bisa kamu manfaatkan ya sahabat, selain kamu bisa membeli segala keperluan untuk sekolah nanti, kamu pun bisa memanfaatkan momen kebersamaan bersama keluarga. Membeli perlengkapan sekolah baru bukan berarti wajib ya. Setidaknya itu akan memberikan semangat terbaru sebelum kamu kembali ke sekolah. Dan ingat! Jangan sampai kamu boros, membeli yang dirasa dibutuhkan saja karena sekolah bukan ajang untuk berpamer ria 🙂

2. Siapkan Mental dan Fisik

List(6)

Setelah kamu berliburan panjang, sisakan 1 atau 2 hari sebelum masuk sekolah untuk beristirahat di rumah. Hal tersebut dapat membantu kamu merelaksasi tubuh dan pikiran setelah berlelah – lelah liburan. Lakukan beberapa aktivitas ringan di rumah yang tidak membuat kamu lelah agar keesokan harinya tubuhmu tetap fresh dan siap menghadapi babak baru di sekolah.

3. Datang Lebih Awal

Shineon

Ini nih salah satu hal yang masih sulit untuk dilakukan di hari pertama sekolah. Datang lebih awal. Rencanakan untuk bisa datang lebih awal di hari pertama kamu masuk sekolah. Agar terkesan bahwa kamu siap menghadapi babak baru di semester baru. Untuk bisa datang lebih awal, pastikan kamu semalam tidak begadang ya sahabat! Dan persiapkan segala sesuatunya seperti seragam, sepatu, buku, alat tulis, dll sudah kamu persiapkan sebelum kamu tidur. Agar keesokan harinya kamu tidak terburu – buru untuk mempersiapkan semuanya, sehingga kamu bisa datang ke sekolah tanpa harus terburu – buru dan telat. Jangan lupa untuk sarapan terlebih dahulu agar kamu tetap bertenaga dan fokus.

4. Berkumpul bersama Teman – teman

List(1)

Setelah 2 pekan lebih kamu tidak bertemu dengan teman – teman  sekolahmu, kini kamu kembali bertemu dengan mereka dengan semangat baru dan cerita baru. Manfaatkan momen pertemuanmu bersama teman – teman ya sahabat, pertemuan pertama bisa kamu gunakan untuk saling bertukar cerita selama liburan berlangsung atau pembicaraan apapun yang itu dapat membuat mood kamu semakin menggebu di hari pertama semester baru.

5. Mengatur Jadwal

List(5)

Di hari pertama masuk sekolah, biasanya gurumu akan memberikan kembali jadwal pelajaran di semester baru. Ketika mencatat jadwal, jangan sampai kamu salah mencatat ya sahabat! Jadwal pelajaran sangat penting untuk kamu, pelajaran apa saja yang ada selama satu minggu dan dapat memudahkan kamu dalam menyusun buku. Selain mencatat jadwal pelajaran, kamu perlu mencatat kegiatan lainnya di semester baru. Seperti jadwal mengikuti ekstrakulikuler, belajar bersama teman, dan jadwal membaca buku tambahan selain buku pelajaran. Atau kamu bisa membuat beberapa list target tentang apa yang akan kamu lakukan dan apa yang sudah kamu lakukan. Hal tersebut dapat membantu kamu dalam menyelesaikan target – target di semester baru.

Nah itu tadi 5 tips penting yang perlu kamu lakukan dalam menyambut semester baru. Tetap semangat ya sahabat, lakukan semuanya secara step by step. Semoga bermanfaat dan selamat melakukan! 🙂

Wassalamu’alaykum Warrahmatullahi Wabarakaatuh…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *